Sabtu, September 13, 2008

Komputer SERVER Kena VIRUS

Setiap komputer server pasti memiliki keamanan dan kemampuan yang sangat tinggi agar kinerja dalam melayani komputer client bisa terpenuhi dengan cepat. Tetapi apa yang terjadi kalau seandainya komputer server terinfeksi virus karena sering dimasuki oleh berbagai macam merk flashdisk yang sudah terserang virus karena sebelumnya dimasukkan ke komputer orang lain. Padahal komputer saya sudah diinstal antivirus yang setiap minggunya selalu update, tetapi apa yang terjadi jika system pada komputer tersebut yang berekstensi *.exe terkena virus. Contohnya saja klik kanan di My Computer kemudian pilih Properties saja tidak bisa karena ada salah satu file *.exe yang sudah terjangkit dengan virus.

Karena hal ini masih pengalaman pertama bagi saya maka mau tidak mau harus saya instal ulang system komputernya dan saya menggunakan Sistem Operasi Windows Server 2003 Standart Edition. Setelah selesai instalasi kemudian saya instal program antivirus sekaligus updatenya. Apakah yang terjadi, setelah dua hari kemudian, masih saja file *.exe pada system terkena virus kembali. Saya instal ulang lagi dan kejadiannya tetap sama seperti diatas. Saya berpikir sejenak apa yang terjadi terhadap komputer tersebut, apakah CD Windows Server 2003 terdapat virusnya atau tidak saya juga tidak tahu. Dan ternyata setelah berpikir lagi saya menemukan cara agar komputer tersebut tidak terinfeksi virus lagi.

Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan komputer yang sudah fix total dan tidak terinfeksi virus serta sudah terinstal antivirus, kalau saya biasanya memakai Antivirus Symantec.
  2. Untuk komputer yang terinfeksi virus tadi, ambil hardisk tersebut dan pasang di komputer yang sudah fix sebagai secondary. Untuk hardisk yang sudah fix dijadikan sebagai master agar bisa booting melalui hardisk tersebut. Hardisk yang sudah fix tersebut menggunakan Sistem Operasi Windows XP Service Pack 2.
  3. Setelah masuk Windows dan hardisk secondary sudah terdeteksi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan scan terhadap hardisk tersebut. Ternyata virus yang terinfeksi terdapat pada drive D dimana virus tersebut cepat menyebar ke system komputernya sehingga file *.exe ikut terinfeksi.
  4. Setelah selesai melakukan scan, langkah terakhir adalah melakukan instalasi ulang terhadap hardisk secondary tersebut ke komputer lain. Dan Sistem Operasi yang saya pilih adalah Windows Server 2003 Enterprise Edition. Jangan lupa untuk menginstal antivirus agar data kita menjadi aman dari serangan virus yang melalui flashdisk.
Ternyata setelah melakukan hal seperti yang diatas komputer server saya sudah tidak terjangkit virus lagi terutama systemnya. Tetapi perlu kita ketahui, apabila ada flashdisk yang masuk ke komputer kita maka sering-seringlah untuk selalu melakukan scan terhadap flashdisk tersebut agar virus tidak menyebar ke komputer kita.
Apabila mengalami hal diatas tersebut, silahkan untuk mencobanya dan saya sudah buktikan cara tersebut dan ternyata berhasil 100%.
Tidak akan ada pengalaman yang menarik apabila kita tidak mencobanya untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat.
Selamat mencoba.
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Adjie's Blog Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon